Manejemen SDM Rumah Sakit

Persaingan RS yang terasa begitu tajam dan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas juga cenderung meningkat, rumah Sakit perlu mempesiapkan diri dan mengantisipasinya. Salah satu yang harus mendapat perhatian lebih adalah pembenahan sistem Manajemen SDM.  Keberadaan SDM yang kompeten dan sistem yang baik merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan industri rumah sakit. Melihat pentingnya faktor tersebut, perlu adanya metode proses penyusunan kompetensi serta manajemen kompetensi yang efektif.

Manajemen kompetensi hanya akan berhasil apabila tujuan inisiatif kompetensi disusun secara jelas. Elemen kompetensi disusun, diintegrasikan serta diimplementasikan sesuai dengan visi, misi, tata nilai dan tujuan organisasi. Sebagai unsur dalam manajemen, sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki oleh rumah sakit akan mempengaruhi diferensiasi dan kualitas pelayanan kesehatan. Adanya keterbatasan dan keanekaragaman jenis tenaga kesehatan akan menghasilkan kinerja rumah sakit dalam pencapaian indikator mutu pelayanan rumah sakit.

Dalam rangka peningkatan kinerja Rumah Sakit, sangatlah diperperlukan Sistem Manajemen SDM yang efektif dan akuntabel dan juga SDM yang berkompeten sesuai bidang keahliannya.

Salah satu yang mulai dikembangan dalam rangka meningkatkan kualitas dan pengembangan SDM dan memberikan penilaian secara objektif SDM rumah sakit adalah menyusun Sistem Manajemen SDM Berbasis Kompetensi.

Maksud dan tujuan Manajemen SDM berbasis Kompetensi:

  1. Memperoleh Sistem Rekrutmen dan Seleksi
  2. Memperoleh Sistem Jenjang Karir
  3. Memperoleh Sistem Manajemen Kinerja
  4. Memperoleh Sistem Pendidikan dan Pengembangan
  5. Memperoleh Sistem Remunerasi.

 

Bagi rumah sakit yang telah berdiri ada beberapa kegiatan dilakukan untuk memperbaiki sistem dan meningkatkan kinerja, antara lain:

  1. Melakukan analisa atas Efektifitas struktur organisasi  yang berlaku dan memberikan usulan perbaikan untuk dipertimbangkan pihak manajemen.
  2. Melakukan evaluasi atas efektifitas karyawan & evaluasi Job description yang berlaku dan memberikan usulan perbaikan untuk dipertimbangkan pihak manajemen
  3. Melakukan Analisa & Evaluasi efektifitas karyawan ( melakukan Psikotes & Wawancara pada seluruh karyawan yang ada sekarang ) dan memberikan rekomendasi posisi kerja yang sesuai
  4. Membuat usulan sistem penggajian dan perhitungan insentif
  5. Pembuatan sistem penilaian kinerja berbasis  Key Performance Index(KPI)
  6. Perencanaan karir dan pengembangan Sumber Daya Manusia

Anda Membutuhkan Layanan kami?

Jika membutuhkan layanan kami silahkan menghubungi kami :

  • Telepon  : 021 – 2940 3496
  • Email      : info@smartplusconsulting.com

atau dengan langsung mengirimkan pertanyaan melalui form berikut ini.

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Pertanyaan Anda